Proses Bisnis
PT. Lorena Group
Lorena Group adalah kelompok
usaha yang awalnya bergerak dibidang usaha Transportasi. Namun seiring dengan
waktu, Lorena Group telah melakukan ekspansi dan saat ini memiliki PT. Lorena
Karina ( Holding Company ) dengan beberapa anak perusahaan yaitu :
- PT. Eka Sari Lorena Transport
- PT. Ryanta Mitra karina
- PT. Eka Sari Lorena ESL Express
- PT. Eka Sari Lorena Logistics
- PT. Sari Lorena Charter & Rental
- PT. Eka Sari Lorena Airlines
- KSJ Palm Oil Plantation
- Trans Jakarta Busway
PT. Eka Sari Lorena Transport dan
PT. Ryanta Mitra Karina yang lebih dikenal dengan sebutan Lorena-Karina ini
merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa Angkutan Darat
Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) dengan fasilitas & pelayanan prima. Lorena-Karina
senantiasa berusaha melayani pelanggan secara khusus dan pribadi, serta
konsisten dalam menjaga inti dan integritas pelayanannya agar selalu menjadi
pelopor di bidang bisnis jasa transportasi.
Untuk memenuhi keinginan
pelanggan, maka Lorena-Karina menerapkan kebijakan mutu yaitu selalu "Mengutamakan kepuasan pelanggan
dengan cara menjamin bahwa jasa transportasi darat yang dihasilkan dapat
memenuhi mutu yang dipersyaratkan dan dengan harga yang kompetitif serta
mengupayakan peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara
berkesinambungan" .
Pengembangan jaringan dan
pelayanan dalam memenuhi kebutuhan transportasi darat, dilakukan secara
konsisten dan didukung penuh oleh manajemen yang handal. Untuk memberikan
layanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, Lorena-Karina telah
mengembangkan jaringan lebih dari 60 kota di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan
Madura.
Visi
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di
Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “
Misi
·
Memberikan jasa transportasi darat dengan kualitas
terbaik
·
Membangun layanan transportasi darat yang Aman,
Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “
Motto
“ Sabar, Sopan, Senyum “
Struktur Organisasi
Produk Layanan
1. PT. Eka Sari Lorena Transport & PT. Ryanta Mitra
Karina
PT.
Eka Sari Lorena Transport dan PT. Ryanta Mitra Karina, selalu mengutamakan
kepuasan pelanggan dengan cara menjamin bahwa jasa Transportasi Darat yang
disajikan memiliki kualitas tinggi dan dengan harga yang kompetitif serta
mengupayakan peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan.
Menyediakan berbagai pilihan kelas yaitu sebagai berikut :
·
Bus Lorena – Karina kelas Super Eksekutif,
Fasilitas 21
kursi dengan komposisi 1-2 (1 kiri, 2 Kanan), Full AC, Toilet, Reclining Seat,
TV,/DVD, GPS, Bantal, Selimut dan Smoking Area.
·
Bus Lorena – Karina kelas Eksekutif,
Fasilitas 30
/34 kursi dengan komposisi 2-2 (2 kiri, 2 kanan), Full AC, Toilet, Reclining
Seat, TV/DVD, GPS, Selimut dan Smoking Area.
·
Bus Lorena kelas VIP
Fasilitas 40
(empat puluh) kursi dengan komposisi 2-2 (2 kiri, 2 kanan), Full AC, TV/DVD,
GPS, Reclining Seat, Selimut dan Toilet.
·
Bus Lorena kelas Bisnis
Fasilitas 53 (lima puluh tiga)
kursi dengan komposisi 2-3 (2 kiri, 3 kanan), Full AC, TV/DVD, GPS, Reclining
Seat, Selimut dan Toilet.
2. PT. Eka Sari Lorena (ESL EXPRESS)
ESL EXPRESS merupakan
perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Pengiriman Express yang telah 12 tahun
lebih memberikan pelayanan pengiriman barang, baik melalui darat maupun udara
kepelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan jaringan kantor yang terpadu
di 76 Cabang yang tersebar pada 49 kota dan lebih dari 420 agen di 305 kota
diseluruh Indonesia, menjadi salah satu kekuatan dan andalan ESL Express dan
memberikan layanan pengiriman dokumen, paket maupun kargo secara cepat, tepat
aman dan bertanggung jawab.
3. PT. Eka Sari Lorena Airlines
LORENA AIR merupakan maskapai
penerbangan pertama di Indonesia yang menerapkan Integrated System
Transportation antara udara dan darat, dimana para penumpang dengan mudah dan
nyaman dalam melakukan perjalanan ke daerah daerah yang belum memiliki areal
bandara, hanya 1 (satu) akses di Lorena Air.
4. PT. SARI LORENA
PT. SARI LORENA merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaaan Transportasi Darat dan telah
berkembang tidak hanya melayani kendaraan Big Bus (kapasitas 30 seat ,40 seat
dan 53 seat ) dan Medium Bus (kapasitas 27 seat ) tetapi juga melayani jasa
sewa kendaraan kecil (seperti Avanza, Innova, BMW, Mercedes dll).
Pelanggan juga dapat menyewa
kendaraan kecil tersebut dengan berbagai pilihan Sistem Rental seperti : Long
Term Rental dan Short Term Rental, dengan Tenaga Pengemudi atau lepas kunci.
.
5. KSJ PALM OIL PLANTATION
KSJ Palm Oil Plantation
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Agrobisnis Kelapa Sawit.
6. Transjakarta
Busway
Pada Bulan November 2007,
Lorena Transport memenangkan tender Busway yang diadakan oleh Pemerintah
provinsi DKI Jakarta untuk koridor V dan VII dengan mengalahkan lebih dari 30
pesaing. Untuk koridor V, Lorena Transport menggunakan 13 unit bus articulated
(gandeng) bermerek Komodo. Sedangkan untuk koridor VII, Lorena Transport akan
mengunakan 34 unit single bus bermerek Hino.
Cakupan daerah operasi Busway
Transjakarta terdiri dari : Koridor 5 Kp. Melayu- Ancol dengan jarak tempuh 24
km sampai dengan Koridor 7 Kp.Rambutan – Kp.Melayu dengan jarak tempuh 27 km.
7. GREEN CARD
Program unggulan terbaru yang
dapat memberikan kemudahan setiap kali anda melakukan perjalanan dengan
menggunakan bus Lorena-Karina. Sebagai anggota Lorena-Karina Green Card banyak
keuntungan yang anda diperoleh sehingga membuat perjalanan anda memiliki nilai
tambah.
Kemudahan dan keuntungan yang
didapat dari program Lorena-Karina Green Card antara lain : Mendapatkan Point
Reward untuk setiap pembelian tiket Lorena-Karina Transport, Point Reward dapat
ditukarkan dengan Souvenir & hadiah menarik dari Lorena Group, Kemudahan
pemesanan tiket Lorena-Karina pada musim ramai yang ditentukan oleh Perusahaan,
Discount pemakaian Jasa Lorena Group lainnya (Sari Lorena & Rental dan ESL
Express Courier & Cargo), Discount pembelian Souvenir Lorena Group.
Manajemen Lorena
1. Mengembangkan Teknologi
Dalam memberikan nilai lebih
untuk kenyamanan pelanggan maka armada LORENA ditangani oleh tenaga ahli yang terlatih
dimana fasilitas bus kami menyediakan: AC, TV, DVD, karaoke, Reclining seat dan
dilengkapi dengan sandaran kaki, toilet, pintu darurat, pemadam kebakaran,
bagasi, ruangan merokok dan alat GPS untuk memonitor keberadaan bus.
2. Pelatihan
Lorena Group selalu melakukan
pelatihan untuk Manajemen, Karyawan, Mekanik dan Kru (Pengemudi dan kenek) agar
dapat menghasilkan tenaga yang mahir,handal & berpengalaman, guna
memastikan terwujudnya kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa bus.
3. Memberikan Pelayanan Yang Terbaik
Selain menyediakan 4 kelas
jenis pelayanan, hal yang paling penting dalam pelayanan Lorena adalah
memastikan bahwa setiap pelanggan akan mendapatkan perhatian khusus serta
profesionalisme kerja dari karyawan dan manajemen kami sebelum, selama dan
sesudah perjalanan.
4. Kemampuan Manajerial dan Pemasaran
Lorena
selalu menjaga kekompakan tim kerja dan melakukan beberapa strategi pemasaran
seperti dengan mengembangkan agen - agen penjualan tiket dan kegiatan promosi
lainnya dalam usaha untuk selalu menjaga kesinambungan operasional usaha
Model Pendaftaran
Member dan Pemesanan Tiket
Keterangan : Pendefinisian Proses
Berikut adalah pendefinisian proses pendaftaran member dan pemesanan
tiket bus yang terjadi
1. Bagian administrasi memberikan formulir syarat menjadi
anggota kepada konsumen, Konsumen mengisi formulir anggota dan kembali
menyerahkan kepada kepada bagian administrasi
2. Bagian administrasi memeriksa kelengkapan data, apabila
data lengkap maka bagian administrasi akan membuat green card lalu diserahkan
kepada konsumen.
3. Konsumen menerima green card kemudian melakukan pemesanan
tiket.
4. Bagian administrasi memeriksa ketersediaan bangku kosong
lalu menuliskan jadwal dan tujuan keberangkatan konsumen.-
5. Bagian administrasi menyerahkan tiket bus kepada konsumen
dan menentukan biaya yang harus dibayar
6. Konsumen melakukan pembayaran dan menerima tiket bus.
Award dan Archievement
•
Penerima Penghargaan Manangement Transportasi
Darat & Depo Terbaik di DKI dari Departemen Perhubungan R.I.
•
"GOLDEN ASIA AWARD" For Service
Exellence Hongkong
•
" NEW MILLENNIUM AWARD"
International Transportation Award Brussels-Belgium
•
"EARNST & YOUNG" Entrepreneur
of The Year 2003 Indonesia Mr. Gusti Terkelin Soerbakti President Lorena Group
Lifetime Achievement Award
•
Penerima Penghargaan Pemilihan Kinerja
Perusahaan Otobis Tingkat Nasional Dari Departemen Perhubungan R.I.
•
Penerima Penghargaan Pengemudi Bis AKAP
Terbaik di DKI Dari Departemen Perhubungan R.I
•
PT. Eka Sari Lorena Transport Berhasil
mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 - 2000
Daftar Pustaka
https://www.lorena-transport.com
http://lorena-karina.com
(2015). Laporan
Tahunan 2015. Jakarta Pusat: PT. Eka Sari Lorena Tbk.
Comments
Post a Comment